0
Banyak sekali istilah-istilah baru dalam dunia traveling. Para treveler juga semakin terbagi-bagi menurut gaya bepergian mereka. Istilah seperti backpacker, flashpacker, ataupun yang tidak terlalu asing lagi yaitu turis, banyak tercatat di berbagai forum.
Apa sih sebenarnya perbedaan dari ketiga tipe traveler tersebut, dan sebenarnya kamu masuk ke tipe yang mana?

Backpacker
Istilah ini seringkali kita dengar di forum-forum traveling. Backpacker adalah gaya jalan-jalan yang mengutamakan kebebasan, dan tentu saja, asas keiritan wajib diutamakan.

Biasanya kaum Backpacker ini hanya mengandalkan carrrier atau backpack untuk membawa semua barang-barangnya. Mereka hanya membawa barang yang paling penting saja, agar tidak terlalu membebani perjalanan.

Kebanyakan backpacker adalah anak-anak muda yang berkantong cekak namun senang jalan-jalan. Orientasi mereka adalah budget, namun tentu saja, mereka tidak melupakan aspek keindahan tempat wisata.
Baca : Prinsip Backpacker Yang Diutamakan Saat Travelling

Flashpacker
Istilah ini baru muncul di sekitar tahun 2000an. Flashpacker memang kata yang terbilang baru dan kurang populer dibandingkan dengan backpacker ataupun turis.

Kalau backpacker adalah traveler yang serba irit, flashpacker adalah traveler yang sedikit lebih “tidak memperhatikan duit” daripada backpacker. Flashpacker adalah kaum yang memposisikan diri diantara Backpacker dan Turis.

Sebenarnya Backpacker dan Flashpacker memiliki beberapa kesamaan mendasar. Contohnya adalah dari segi kebebasan waktu, kedua tipe tersebut sama-sama mencintai kebebasan waktu dalam traveling. Mereka tidak suka diatur oleh travel agent dan cenderung merencanakan perjalanan mereka sendiri. Bedanya, kalau Backpacker itu “budget oriented”, maka Flashpacker lebih “experience oriented” sehingga mereka mengutamakan pengalaman traveling yang berkesan, sehingga lebih agak longgar terhadap budget.
Baca : Prinsip Flashpacker Yang Diutamakan Saat Travelling

Turis
Ini adalah tipe traveler yang paling mewah. Turis berada di tempat teratas rantai makanan traveler. Kebanyakan para turis sudah tidak muda lagi, dan mereka adalah orang-orang berduit. Satu prinsip Turis untuk menguasai dunia per-traveling-an.
Baca : Prinsip Turis Yang Diutamakan Saat Travelling

Itulah tiga clan traveler dengan segala perbedaannya. Mungkin kita tidak selalu masuk pada suatu jenis traveler diatas dan berganti-ganti sesuai kondisi.
Nah, kira-kira temen-temen masuk kategori traveler yang mana?

Post a Comment

 
Top