0
Sebal juga jadinya jika disaat yang penting hendak mengedit laporan yang telah disimpan dengan baik di dalam flashdisk ternyata pada saat dibuka flashdisk terkena virus yang mana virus ini menyebabkan file - file dan folder - folder yang ada di dalamnya jadi disembunyikan. Ini terhitung masih beruntung hanya disembunyikan filenya pada flashdisk saya karena ada juga kejadian file dan folder terhapus akibat flashdisk terkena virus. Bingung juga tadinya ketika file penting yang hendak saya kerjakan malah hilang dalam flashdisk yang ada hanya terlihat 1 file saja padahal flashdisk saya ukurannya 8GB terpakai 1,2GB sisa 6,8GB tapi yang terlihat hanya 1 file word dengan ukuran hanya 200an KB.
Heran juga tadinya saya kira hanya file tersembunyi dengan cara Hidden Folder seperti biasa sehingga saya coba untuk menampilkan hidden file dengan cara:
Tools >>> Folder Options ... >>> View >>> Show hidden files, folders, and drives.
Namun seperti terlihat pada gambar diatas cara tersebut kurang mempan karena nyatanya files yang ada di flashdisk masih belum tampil akibat terkena virus. Jadi bingung lagi saya akhirnya cari solusi untuk menampilkan file atau folder yang disembunyikan oleh virus di search engine dan nemu juga cara yang jitu untuk Cara Menampilkan Kembali File Atau Folder Yang Disembunyikan Oleh Virus seperti berikut:

1. Buka command prompt (CMD). Ada saat dimana akses administrator diperlukan untuk dapat dengan benar mengatasi permasalahan virus hidden file ini jadi sebaiknya kalian buka CMD dengan cara Run As Administrator. Caranya klik kanan CMD >>> Run As Administrator.
2. Setelah terbuka CMD nya segera pastikan letak dari flashdisk kalian dalam komputer apakah E:, F:, G:, H:, atau yang lainnya sesuaikan. Gambar hanya sebagai contoh letak flashdisk saya pada saat hendak diperbaiki ada pada posisi H: jadi dalam command prompt saya ketikkan H: >>> Enter.
 3. Ketikkan lanjutannya setelah kalian menentukan posisi flashdisk dengan perintah command prompt berikut ini >>> attrib -s -h -r *.* /s /d Lalu tekan Enter.
  •  attrib adalah membuka suatu perintah pada cmd
  • -s adalah perintah menghilangkan attribut pada system file
  • -h adalah perintah untuk menghilangkan attribut pada hidden file (File yang tersembunyi)
  • -r adalah perintah untuk menghilangkan attribut pada Read Only File(File yang hanya bisa dibaca)
  • *.* adalah ekstensi untuk semua file (.mp4.mp3.jpg.png,dll)
  • /s adalah sub directory.
  • /d adalah directory.
4. Terakhir lakukan Klik Kanan pada bagian folder dalam flashdisk lalu pilih Refresh. Lihat apakah sudah berhasil tampil lagi atau belum file maupun folder yang disembunyikan oleh virus tersebut.
Jika berhasil maka akan terlihat lagi file dan folder yang disembunyikan oleh virus tersebut. Segera lakukan BackUp pada folder - folder yang sudah berhasil ditampilkan kembali agar dapat diamankan dari virus. Setelah di backup ada baiknya segera format ulang flashdisk jika sekiranya anda masih kurang yakin dengan kondisi flashdisk yang masih terkena virus tersebut supaya lebih aman lagi file - file yang kalian miliki dalam flashdisk tersebut.

Post a Comment

 
Top